Lukisan Timbul Dari Koran Bekas


Beberapa hari yang lalu aku sempat mampir ke Aku Ingin Hijau dan membaca salah satu artikelnya tentang pemanfaatan Koran bekas. Sejak baca artikel tersebut aku jadi kepikiran ternyata banyak banget ya manfaat dari kita hidup berhemat, karena sebenernya dengan berhemat kita telah bisa menyelamatkan bumi. Kembali ke masalah pemanfaatan Koran bekas, ada satu hal yang menarik yang membaya ingatan saya ke tahun 1997 dulu pas aku masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Disekolahku dulu aku dapet pelajaran Keterampilan, nah pas saat itu aku kebagian keterampilan membuat lukisan dari bahan bekas. Sebuah ide yang menarik, elain berguna untuk mengasah kemampuan seni lukis juga menambah kreatifitas dengan cara ramah lingkungan.

Kertas Koran dapat dimanfaatkan menjadi sebuah media untuk melukis, dalam hal ini media yang dilukis adalah menggambar lukisan 3 dimensi dengan pembentuk dimensinya adalah kertas Koran bekas yang sudah dibasahkan.

Cara membuat lukisan 3 dimensi atau lukisan timbul dengan bahan dasar kertas Koran ini aku sedikit lupa sih, tapi aku akan cerita seingatku saja deh. Pertama siapkan kertas Koran kalau bisa kertas Koran yang sudah jadul, sebisa mungkin bahan kertasnya adalah kertas Koran bukan kertas tabloid atau majalah yang lebih tebal. Kumpulkan seperlunya kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 30-60 menit lalu tiriskan. Tapi sebelum dicelup ke air sebaiknya kertas Koran disobek terlebih dahulu biar ntar gampang buat mampetin. Kemudian siapkan bahan atau wadah untuk melukis (bahan bisa kanvas keras, triplek atau piring cantik, sekreatif kita aja) Lalu Kertas Koran yang sudah ditiriskan dan sudah lunak itu dibentuk sesuai kebutuhan dengan mencampur dengan lem dari tepung beras atau tepung kanji atau cairan yang bersifat merekat. Fungsi cairan tersebut adalah sebagai bahan perekat antara kertas Koran tersebut. Kemudian kertas Koran basah yang sudah dicampur lem perekat siap dibentuk sesuai keinginan. Kemudian keringakan dengan cara diangin-anginkan ingat bukan dikeringakan di terik matahari karena kalu panas yang berlebihan akan membuat terlalu cepat kering sehingga tidak bisa tahan lama. Untuk mempercantik penampilan lukisan timbul yang telah dibuat ada baiknya kertas Koran dicampur atau diberi pewarna makanan atau pewarna kain untuk member warna pada hasil lukisan tersebut. Atau bisa juga dilakukan pengecatan dan member zat pengkilat pada finishing touch-nya.

Bahan Koran bekas ternyata banyak manfaatnya, aku dari dulu tidak menyadar akan hal itu. Selain bisa mengurangi limbah industri ternyata kita juga bisa mencoba mengasah kreatifitas kita dengan memanfaatkan barang bekas untuk sesuatu hal yang baru dan berguna. Sayangnya aku gak bisa nampilin gambar atau sesuatu dari hasil lukisan berbahan dasar Koran bekas, soalnya aku nulis ini karena ingat salah satu cara manfaatin Koran bekas sambil mengasah kreatifitas.

One thought on “Lukisan Timbul Dari Koran Bekas

Leave a Reply

