Nasionalismeku


Ini kayanya ada nyambungnya ama blog gw yang dulu tentang nasionalisme juga, makanya ngasih judulnya ada angka II-nya hehehe… selamat membaca. have fun!
17 Agustus tinggal hitung mundur deh, secara gw adalah calon penerus negeri ini apasih makna tanggal itu? jujur aja sampe sekarang gw gak ngerti alasan dasar kenapa gw harus memperingati tanggal segitu. Yah paling gw rasa cuma untuk mengingat jaman penjajah dan memperingati hari jadi bangsa ini. Tapi lebih jauh gw gak ngerti maksudnya apa.

Emangnya apa guna kalo gw memperingati tanggal segitu? kalo jawabannya untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur gw rasa mereka (Pahlawan sejati) gak perlu dikenang yang mereka (harapkan) itu adalah cita-cita perjuangannya mereka bisa dilanjutkan oleh penerusnya ya kita-kita ini. Sekali lagi gw rasa kalo cuma memperingati tanpa ada tindakan setelahnya percuma aja tiap tahun kita memperingatinya bikin cape aja. Gw sebagai orang yang tinggal di negara yang udah merdeka (lupa yang keberapanya) gw belum bisa menilai negara yang gw tinggali saat ini merdeka penuh alias berdaulat full! lha mengapa? mungkin itu baru perasaan gw aja. Mungkin karena emang gw orangnya pesimis abis.

Udah entah ketahun berapa kita merdeka gw masih merasa belum merdeka penuh. Gw bisa bayangin kalo emang gw dikasi ama tuhan buat hidup dua kali. Gw pengen hidup dimasa tahun 60an gw mau rasain gimana rasanya hidup dijaman segitu trus gw rasain ama hidup dijaman sekarang. Kayanya gak beda jauh dari beberapa sisi kehidupan tentunya.
Liat aja, mau angka kemerdekaan yang keberapa buat negara ini butuhin buat bikin negaranya bebas dari kemiskinan dan keterpurukan? 100 tahun setelah merdeka? atau 1000 tahun? entahlah.

Yang jelas gw bukan salah satu dari sebagian besar warga negara yang bangga akan negara ini. Gw sama sekali gak bangga! “mending lo gak usah tinggal disini” kata orang buat gw tapi yah gw jawab “kalo bisa gw keluar dari sini gw bakal keluar, tapi apa daya, negara ini gak ngasih kesempatan buat gw untuk keluar!” gw bosen disini!

Entah kenapa gw sama sekali gak punya rasa nasionalis sedikitpun gak ada. Kayanya kalo negara ini punya generasi penerus kayak gw semua gw gak tahu deh butuh berapa lama buat nunggu hancurnya negara ini. Gak pernah kebersit dipikiran gw untuk memperingati hari jadi bangsa ini, apalagi ikutan acara 17an gak pernah. gak ada interest sama sekali. Gila emang, apa karena dari gw lahir ampe sekarang orang-orang sekitar gw yang ada di daerah gw udah mewanti-wanti gw untuk “biasa” saja terhadap negara ini, entahlah. Yang jelas kalo ada pelajaran tentang rasa nasionalisme pasti gw gak bakal lulus deh. Angka yang diberikan pasti lebih buruk dari E hehehe…

Kayanya pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) dan PPKN (Pendidikan Kewarganegaraan Nasional – kalo gak salah hehehe) gak ada yang nyangkut di otak gw. payah dah. tapi perlu lo ketahui kalo gw untuk pelajaran itu gak pernah dapet jelek selal;u angka sempurna 8 bo’ hebatnya lgi pas kuliah dapet lagi kewarga negaraan dan mantapnya lagi mesti gak punya nilai nasionalisme gw untuk mata kuliah yang satu ini dapet A diantara angaka C lainnya hehehehe…

life is unpredictable euy!

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Journey. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

