Kopi Tubruk Pantai Barat


Sedikit cerita nih pas mudik kemarin, secara gw orang Meulaboh. Ada salah satu hal yang gw rasa menarik buat gw ceritain di diblog gw ini. Ini bisa gw bilang menarik kenapa, karena gw disini mau ngomong tentang minum kopi. Kalo orang Jepang boleh bangga dengan adat minum teh mereka nah orang Aceh boleh juga dong bangga dengan minum kopinya mereka hehehe…

Kalo yang kita tahu selama inikan minum kopi itukan ya kaya biasa, kopi diseduh lalu diminum secara biasa dan disajikan secara biasa seperti layaknya minum air putih ato minum susu pada biasanya. Nah kali ini gw mau kenalin yang namanya kopi tubruk, khas Aceh Barat. Kopi yang rasa, aroma yang dahsyat! dan yang lebih istimewanya lagi adalah cara penyajiannya. Gw saranin lo gak usah nyoba bikin deh soalnya bakal ribet kalo gak ngerti cara penyajiannya, aneh sih kalo gw bilang. hehehe…

jeprettong_071017_131110.jpg

Gw juga gak ngerti kenapa namanya kopi tubruk, yang jelas seahu gw tubruk itu bukan bahasa Aceh deh. Tapi whateverlah yang penting disini gw mau promosiin kopi kebanggan orang Aceh Barat hwahaha…

Kopi ini disajikan secara terbalik, lha kok bisa? ya bisa. lo liat aja gambar yang gw ambil pake poto hape gw tuh. Cara penyajiannya kopi dibalik ato gelasnya di telungkupkan ke piring. Nah sekatang posisi mulut gelas itu ada dibagian bawah gelas, bingung?

jeprettong_071017_122207.jpg

Jelasnya gw gak ngerti cara penyajiannya bisa jadi kaya gitu yang jelas konon kata orang sono kalo kopi itu akan lebih berasa nikmatnya biji kopi harus matang sempurna dan harus dengan air matang yangmendidih di 100derajat celcius lho, percaya ato gak yang jelas emang sih kopi bakal kerasa kopi kalo dalam cara penyeduhannya menggunakan air yang mendidih dari pada menggunakan air yang dari dispenser yang kayanya gak mendidih di titik didihnya air.

Bisa jadi juga dengan keadaan kaya gini, kopi di telungkupkan dan dibiarkan kebalik yang otomatis gak ada udara yang terlepas secara tuh kopi kan dalam keadaan tertutup ato tanpa udara sama kaya kopi yang gelasnya dikasi penutup gelas.

Dan kerennya lagi bubuk kopi yang digunakan itu adalah bubuk kopi khas aceh yang masih kasar, bayangin biji kopinya bisa segede biji jagung. Wah pokonya sedep banget dah nah cara minumnya juga khas, kopi diminum dengan cara meniupkan udara melalui sedotan kearah dalam gelas tapi ini harus hati-hati banget dalam meniupnya :p karena kalo salah-salah bisa tumpah tuh kopi kalo niupnya kekencengan, kacau kan?

Lebih baek lo kalo mau nyoba mending belajar dulu cara minumnya deh…

Wah kalo lo mau nyoba silahkan dateng aja ke Aceh pasti lo bisa temuin nih kopi, khususnya kalo lo dateng ke daerah pesisir pantai barat Aceh yang paling banyakmenyajikan kopi jenis ini. Gw aja ketagihan minum kopi ini, padahal gw gak doyan kopi lho. Tapi kalo udah kena kopi Aceh semua lewat dah… yang pantangan aja gw jabanin. hehehe…. dasar.

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Journey and tagged . Bookmark the permalink.

16 Responses to Kopi Tubruk Pantai Barat

  1. artja says:

    wah, tiap ke meulaboh, gue belom pernah nyicipin kopi kebalik giut. paling-paling cma ke kafe bombay ajah.

  2. isackfarady says:

    wah… cobain dateng aja ke pantai-pantai pasti banyak di daerah Suak Ribee hehehe…

  3. aline says:

    heh?masa’ sih…kok selama 2.5 bulan aku disana kemaren, gak tau tuh soal minum kopi pake acara dibalik begitu…

  4. isackfarady says:

    wah… gak gaul sih hehehe…:P
    tanyain aja ama yang jual kupi tubruk aceh barat dimana? atao cari aja ke Suak Ribe. hehehe…

  5. papillonia says:

    Suak Ribe..hehehe idem emang enak. Yang bikin seru lebih pada cara minumnya…aku juga pernah tulis ini di blog kuπŸ™‚
    kunjungan balik…
    salam kenal juga

  6. pera says:

    Kunjungan balik.
    numpang promosi nih..ada sedia kopi suak ribe di blog kuπŸ™‚

  7. isackfarady says:

    iya.. emang enakπŸ˜›

  8. kriyanto says:

    mas asal mula nama kopi tubruk tuh dari daerah tobruk/thubruq di maroko

  9. danangadi says:

    nikmat pasti.. tapi koq agak coklat yah, minum kopi menurut gue pake cangkir keramik

  10. danang adi says:

    kopi…..kopi…..sambil ngopi + pisang goreng ama rokok

  11. ulee06 says:

    Informasi yang unik. Kapan ya bisa nyoba kopi tubruk gaya terbalik gitu di Aceh ?πŸ˜‰

  12. pauna says:

    kopi tubruk…………emm…..gimana yupzzz rasanya?? boleh tuch

  13. Jeff says:

    salam penikmat kopi… mau minta ijin ngelink postingan ini ke blog ku ya…
    mau sekalian memeperkenalkan kopi meulaboh..

    memandang ke aranh padang
    kalau ada umur panjang ingin saya berlabuh
    mencicipi kopi meulaboh

  14. isackfarady says:

    Sip kopi meulaboh emang ngasih rasa yang mak nyusss… hehehe..πŸ˜›

  15. tha says:

    hi…
    mas, seru bgt kl bisa nyobain kopi gaya kebalik gtu. mngkn taste kopinya jd siipp bgt krn cara penyajian na kale yah. mas, ak mu tanya blh dunk yah. kira2 dimana yah ak bisa beli kopi khas aceh yang siiipp bgt. mksd ak biji kopi nya. maaci yah sblm na.
    sukses…

  16. bakopi says:

    kopi teubrok adalah kopi biasa, juga seperti kopi sareng yang ada di warung kopi, namun ia tidak di sareng dengan sarengan kain tapi ia di sareng oleh celah-celah gigi, oleh orang yang meminumnya, sebab nikmatnya karena dia langsung bubuk kopi itu gak bercampur lagi dengan banyak air,jadi bubuk dan air itu sudah di ukur pas sesuai selera orang yang minumnya itu.

    saya juga pengolah bubuk kopi di meulaboh kopi cap salam kuta padang di jl manekroe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s