Gorengan, hhmmm… yummy


Kalo nanya soal cemilan favorit saya bakal jawab gorengan. Ada yang bilang saya ini orang Indonesia banget mesti saya gak mau disebut begitu. Gorengan emang saya doyan banget, makanan ini bisa dimakan disegala waktu dan suasana. Mulai dari acara nongkrong di warung kopi sampe di acara takziah.

Dari semua gorengan yang ada yang paling saya doyan itu Pisang Goreng, beuh.. kalo udah makan pisang goreng saya gak bisa berenti dah sampe belum abis. Mesti gorengan saya juga masih milih-milih, menurut saya gorengan itu ya pisang goreng ama tempe goreng. Kalo bala-bala atau bak wan mah itu variasinya gorengan hehe… Bikin gorengan gak rumit pula, bahannya mudah banget didapet. Dimana juga ada, yah gak serumit bikin pizza lah hehe…

Bersyukurnya saya karena gorengan bukan sesuatu yang langka buat ditemuin di daerah saya. Dari semua daerah yang pernah saya datengin saya bisa dapetin makanan kesukaan saya ini dengan mudah. Dari Aceh, Jakarta, Bandung, dan kota yang lain dengan mudahnya saya cari orang yang jualan gorengan. Mungkin kalo di Aceh saya bisa cari di tiap warung kopi pasti ada pisang goreng. Kalo di Jakarta mau siang mau malem abang-abang yang jualan gorengan pikulan juga banyak. Kalo di Bandung? beuh… gak usah ditanya. Yang jualan gorengan bejibun… Bandung mah semua pake gorengan. Nasi kuning, nasi uduk pake gorengan bala-bala. Mungkin ini juga alesan kenapa saya seneng ama kota ini.

saya sempet searching-searching juga di google tentang jenis gorengan indonesia. Emang banyak variasinya sih itu baru pisang gooreng lho. Untuk di Bandung aja saya udah nyobain macem-macem jenis pisang goreng. Yang paling sering pastinya pisang goreng standar yang di jual ama tukang jualan gorengan pada umumnya. Secara Bandung itu kota kuliner jadinya saya pernah nemuain bermacam jenis gorengan yang gokil abis rasanya. Di jl. Burangrang saya pernah nyobain pisang goreng Uya Kuya (Mr Banana) dengan berbagai rasa, pisang gorengnya udah dimodifikasi dengan memberi rasa kaya stroberi, coklat dll. Trus saya juga pernah nyoba Gorengan Pontianak. Rasanya tetep aja cuma variasi dari tepung atau penambahan selai pada gorengannya yang bikin beda. Tapi apapun itu tetep aja saya doyan yang namanya pisang goreng.

Pisang goreng yang paling enak yang pernah saya makan itu mungkin pisang goreng yang original, dengan rasa khas pisang tanpa selai tentunya. Pisang goreng original maksud saya itu yang pisangnya terbuat dari pisang kapuk (bahasa acehnya sih, gak tau kalo indonesianya apa :P) trus dicampur dengan adonan tepung terigu yang kental dan manis. Aroma khasnya beuh… ajib banget!

Nah pisang goreng yang saya maksud itu, pisang goreng yang dijual di kampung saya di Banda Aceh. Pisang goreng di daerah saya ini beda lho. Yah gak beda-beda banget sih, perbedaannya itu ada di cara pemotongan buah pisangnya. Kalo yang saya liat di Bandung ya pisang nya itu di potong 2 trus langsung dicelupin ke tepung dan digoreng langsung. Nah kalo di tempat saya lain, buah pisangnya gak langsung dibawi 2 tapi salah satu ujungnya di iris-iris. saya pernah liat sih ada yang jual begitu di Bandung tapi disini disebut pisang goreng sisir, mungkin karena bentuknya yang kaya sisir kali. Boleh juga…

Tiap kali saya mudik, saya pasti nyari tuh gorengan. Beuh… ajib banget rasanya. Kalo lagi dirumah pasti deh kalo udah malem saya ngajak bokap buat nongkrong di pinggir laut sambil makan gorengan plus nyeruput bandrek hangat. Surga banget deh… Udah bisa dipastiin kalo pulang ke rumah pasti nyari pisang goreng. Berhubung sekarang lagi merantau menuntut ilmu😛, untungnya di Bandung yang banyak pisang gorengnya jadinya ya nikmatin aja pisang goreng disini.

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Journey. Bookmark the permalink.

6 Responses to Gorengan, hhmmm… yummy

  1. a2121 says:

    Anjrot, itu pisang goreng pake coklatnya keliatan enak banget.. *Ngiler 3 ember*

  2. tya says:

    kok resepnya gk bisa di buka?? mau cobain niii

  3. Slamet says:

    emang bener yang lapis coklat bikin ngiler,kl tadi 3 ember,aku malah 4 gentong…

  4. infogue says:

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!http://www.infogue.com

  5. inge ariani says:

    aku suka banget tapi mana kok resepnya gak bisa dibuka ya?kalau lihat gambarnya aja wah lidah ini sampai gak tahan. bagi2 resep dong

  6. Qisty says:

    hehe, pisang goreng lovers😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s