Back Packing To Sindoro – Sumbing (Part I)

Happy Holiday!!! Holiday kali ini mau kemana ya? setelah rencana ke Semeru bareng Gejor gak jadi karena dia sedang gak bisa cuti dan Semeru statusnya lagi gak boleh didaki jadinya, terpaksa aku bikin rencana jalan sendiri deh di liburan kali ini. Setelah Semeru yang diimpikan gagal, pilihan kedua jadtuh ke Argo Puro, gunung di Jawa Timur juga. Eh karena keterbatasan waktu dan biaya akhirnya Argo Puro juga gak jadi. Gw jadi ingat ama Gn. Sindoro ama Gn. Sumbing, secara dari gunung yang ada di Jawa Tengah gunung kembar ini belum pernah gw daki, yah itung-itung melengkapi pendakian semluruh Jawa Tengah, akhirnya dari ngobrol-ngobrol ama si Boleng yang udah pernah ke Sindoro Sumbing pilihan gw jatuh ke Sindoro – Sumbing. Segera gw nyari tim baru, soalnya tim lama gw bareng gejrot gak jadi😦 Setelah Rencana Operasional selesai gw bikin akhirnya ada juga yang mau ikutan. Yang pertama ngedaftar adalah si Boleng (padahal dia udah pernah kesana sekali hehehe…) trus mulai deh Acong ikutan, trus nyusul Wida (Anggota tim Merbabu-Merapi) juga ikutan, ada juga Prita, trus ada 2 mantan siswa Pendas Astacala 16 juga ikutan si Widi ama si Bugi. Sore itu langsung aja gw bagi tugas, yang ngurus logistik Wida, yang ngurus perkap si Boleng. yang lainnya belanja-belanja deh. Nah g sendiri ngurus SP kuliahan dulu hehehe…

Jum’at (27/06/08)

Karena semalam gw yang harusnya belanja logistik gak bisa jadinya hari ini sebelum jumatan harus udah ada yang belanja logistik. Sementara yang lain juga sibuk ama urusan masing-masing, ada yang ngurus SP, ada yang pusing nyari baju dll. Akhirnya semua kelar di jam6an gitu, dan kita berangkat ke Stasiun Kiara Condong, soale kita naik kereta langganan Ekonomi tujuan Jogja.

Sabtu (28/06/08)

Kita nyampe di Stasiun Lempuyangan jogja tuh sekitar jam 6 pagi, trus langsung bersiap menuju terminal Jombor untuk selanjutnya ngeteng menuju base camp Sindoro. Target gw hari ini sih, karena Gunung pertama yang dinaikin adalah Sindoro jadinya gw cuma kejar target Pos II buat ngecamp, emang semuanya gw setting jalan santai, namanya juga liburan hehe… Sesuai perkiraan hari itu siangnya kita udah nyampe di Base camp SIndoro setelah berbenah dan berapi-rapikan diri akhirnya kita Chaoo jam 1 siang, buset mesti udara terasa sejuk karena di daerah pegunungan tapi mataharinya cuy, terik pisan. Perjalanan awal mendaki Sindoro lumayan bikin cape, soalnya kondisi medan yang katanya gakada airnya bikin bawaan carrier jadi diisi air 5liter/tas buset deh. Apalagi perjalanan masih melewati kebun-kebun warga. Akhirnya petualangan hari pertama mendaki Sindoro ditutup dengan ngecamp setelah pos II pendakian. Langsung dengan cepat semua pada ngambil peralatan masak dan ngecamp. Sedikit informasi, jalur pendakian Sindoro memiliki jalur yang sempit maksudnya kalo mau lewat jalur ini (jalur Kledung – red) harus memperhitungkan posisi camp, soalnya tempat yang lega dimana, apalagi kalo untuk melakukan pendakian masal yang membutuhkan tempat untuk istirahat. Kondisi vegetasi di awal pendakian Sindoro juga masih berupa ladang penduduk dengan berbagai tanaman sayuran seperti kol, sawi, kentang dan tembakau. Selanjutnya akan banyak ditemui hutan jenis Lamtoro dengan vegetasi yang tidak begitu padat.

Minggu (29/06/08)

Hari minggu kita ngelanjutin perjalanan lagi dengan target hutan Edelwes sebagai camp terakhir sebelum muncak. Gw ngeset perjalanan kali ini emang bener-bener santai jadinya tiap ada momen yang bagus kita pasti asik berfoto-foto dan ngobrol reme-ramean. Jadinya kita nyampe di hutan Edelwes itu sekitan jam 5an dan langsung ngecap. Kondisi di Hutan Edelwes ini kurang mengenakkan, soalnya lahan yang sempit dan tanah yang berbatu membuat susah untuk membangun tenda untuk ukuran 8 orang, jadinya kebagianlah gw ama boleng yang tidur diluar tenda. Mesti malam kemarin pun gw tidur diluar dome tapi kami tetep hangat karena kami tidur disamping api unggun yang yah.. lumayan menghangatkanlah. Yang menarik di camp edelwes ini adalah untuk pertama kalinya gw ngeliat ada bhintang jatuh, cessss… kerennya. Katanya kalo ngeliat bintang jatuh harus segera make a wish tuh, tapi gw mah bodo amat. Yang penting gw udah pernah ngeliat aja. Angin yang bertiup di hutan Edelwes ini kenceng banget, anginnya gak tahan bikin dingin, mana kita harus bangun jam 4 pagi lagi buat packing dan summit attack di keesokan harinya.

Senin (30/06/08) -summit attack-

Senin pagi akhirnya dengan susah payah karena kedinginan kita kahirnya bangun dan packing buat muncak ke Sindoro, perjalanan dari camp Edelwes ke puncak tidak banyak makan waktu, cuma butuh 1 jam untuk nyampe ke titik tertinggi. Dan gw nyampe ke pucak tepat 1 jam 14 menit. Wuih mesti rada telah ngeliat sunrise tapi pemandangan di puncak Sindoro begitu indah, cakep banget! Gumpalan awan udah berada dibawah kami. Matahari yang masih berwarna merah nambah cakep aja. Suasana yang ga bakal lo dapet kalo lo gak naik gunung itulah sensasi yang bikin orang pada mau naik gunung, makin tinggi gunungnya makin banyak pula pesona yang ditawarkan, seperti sindoro contohnya. Gw bersyukur gw masih dikasi umur untuk bisa menikmati view indah kaya gini, thanks god! Selebrasi dipuncak dengan berfoto-foto dan sarapan dengan minum air susu hangat tentunya nikmat… banget! Puncak Sumbing di arah tenggara begitu tegar menantang, kawah sindoro yang udah mati, dan bibir kawah dengan tebing terjal dan pohon cantigi yang acak-acakan menambah indahnya alam tuhan ini.

Puncak Sindoro ternyata terdapat kawah mati, gw gak sempet turun ke kawah karena gw lebih milih buat muterin gigiran kawah, dari atas puncak Sindoro kita padat melihat puncak-puncak tertionggi Jawa Tengah, puncak Merbabu, Merapi, Lawu dan juga Slamet keliatan begitu indah menantang. DI sebelah Tenggara berdiri tegak menantang saudara kembar gunungng Sindoro, Gunung Sumbing. Sumbing Merupakan next trip dari perjalanan liburan kali ini.

Setelah beberapa lama di puncak, seusai sarapan pagi akhirnya kita semua turun ke base camp pada jam 08.20 buat ngejar target bisa bermalam di Base camp Sumbing, untuk besoknya melanjutkan pendakian ke Gunung Sumbing.

Dalam hati aku berkata “Sindoro tunggu aku, lain waktu aku akan balik lagi…”

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Journey and tagged , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Back Packing To Sindoro – Sumbing (Part I)

1. isackfarady says:

Halah jelek kali…. Fotonya belum diupload jugak…

2. widdha says:

bang…fotonya kurang…
    ditambahinlah biar seru okey!!!

3. isackfarady says:

iya nih… yang foto Sindoronya belum dipindahin ke kompi. ntar kalo udah bakal diapdet lagi hehehe…😛

4. kusno haryanto says:

kalo ada acara kayak gini lagi dikhabarin dong biar bisa ikut

5. isackfarady says:

^ ngabarin kemana nih? :p jalan-jalan kalo lagi suka liburan doang… makasih udah mampir…

6. arcopodo says:

salam rimba…

bang boleh bagi rute bandung-wonosobo (pos pendakian), naik pa aja + ongkos2 nya ya..cz rencananya taon baru ini da rencana mo ke double s tapi blm tao akses bdg-wonosobo..thx a lot ye..

7. nunG_MLGV says:

Salam lestari…!!!
    kawand..boleh tau donk keada2nterahir 2S prti ap dan kira2 kan aja waktu yang tepatt untuk mlkukn pndakian..kalo dari Purwokerto kira2 biaya berp ya…coz dari Mamira LGV UNSOED rencana pngn advent k sana,namun Qtha2 msh awamoal peGunungan gtu dech..mohon bntuan..klo bisa langsung kirimke eMail aja.Thx

8. isackfarady says:

^ Wah aku belum sempat update informasi dari sana mas, maaf ya… Mungkin untuk lebih enaknya mas bisa nanya ke pengelola wilayah wisata tersebut atau ke mapala atau penggiat alam daerah sekitar. Terima kasih…

9. ade tapak says:

seru…seru!!!
    yah gak ngajak-ngajak lu sack,
    semerru…ayo!!
    next ekspedition

10. Djoko Sindoro says:

tambahin fotonya dong…….

11. rramadhani says:

gue juga ada cerita ss nih