Lembah Purnama


Lembah Purnama
Lembah Purnama

Setelah melewati serangkaian kegiatan akhirnya tanggal 16 November 2008 Astacala kembali melahirkan anggota baru dengan proses seleksi yang silaksanakan secara bertahap hampir 3 bulan. Pendidikan Dasar Astacala ke 17 ini melahirkan 22 anggota baru yang berhasil melewati serangkaian acara dan latihan yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana.

Praktik besar lapangan adalah rangkaian terakhir dari proses rekrutasi anggota, dimana disini dipraktikkan semua materi yang telah diberikan di kelas dan secara teori akan dipraktikkan disini. Praktik besar lapangan tidak lain adalah simulasi dari kondisi yang akan dihadapi sebagai seorang yang bergerak di alam terbuka. Dimulai dari praktik Long March kemudian berlanjut ke materi Gunung Hutan dan materi Survival. Praktik besar kali ini bertempat di wilayah Ciwidey. Meskipun ini adalah rencana diluar dugaan karena H-5 panitia baru menerima kabar dari pihak kopassus bahwa tempat untuk melaksanakan pendidikan dasar yang semula direncanakan di daerah Situ Lembag gagal. Akhirnya dengan cepat mengambil haluan untuk mencari tempat yang baru yaitu daerah Ciwidey yang memang sudah sering menjadi arena pendidikan dasar. Tentunya pemindahan area ini merepotkan panitia secara arena yang sebelumnya sudah selesai dipersiapkan dari segi survey dan perijinan. Tapi Apa daya, akhirnya terpaksa survey dilaksanakan secara dadakan dan untungnya pernah ‘main’ disana jadinya ada beberapa jalur yang menggunakan jalur latihan yang sudah-sudah.

Jumlah siswa (calon anggota) yang ikut pada praktik besar lapangan adalah 22 orang yang pada akhirnya semua dinyatakan lulus tahap seleksi pendidikan dasar. Pada praktis awal adalah materi long march. Materi ini hanya diberikan sehari. Yang kemudian dilanjutkan ke materi gunung hutan dan berlanjut ke materi survival. Untuk praktik lapangan kali ini total waktu yang dihabiskan adalah 6 hari. Jumlah hari memang tidak menentukan kualitas dan bukan ukuran pasti. Uiap angkatan pasti akan mempunyai nama angkatan dan untuk tahun ini nama angkatan yang dipilih oleh yang baru adalah LEMBAH PURNAMA, pasti punya alasan tersendiri kenapa memilih nama yang paling berkesan buat mereka. Katanya alasan memilih nama Lembah Purnama (LP) adalah karena selama masa pendidikan mereka selalu ditemani terangnya sinar bulan purnama meskipun mereka berada dilembahan yang dingin dan semestinya gelap dan basah. Yang pasti Lembah Purnama punya arti penting tersendiri sama seperti angkatan lain yang punya arti tersendiri atas nama angkatannya.

Nilai penting yang harus diambil dari pendidikan dasar ini adalah bagaimana cara mengendalikan sikap dan mental sebagai seorang petualang yang bergerak di alam terbuka. Bagaimana mengolah tenaga yang ada dengan maksimal sehingga bisa menangani masalah yang dihadapi. Kebanyakan orang menilai bahwa pendidikan dasar hanya untuk orang yang k uat-kuat, buat yang lemah tidak ada tempat. Menurutku itu tidak sepenuhnya benar, kekuatan bukan satu-satunya ukuran keberhasilan dalam menjalani pendidikan ini. Yang dibutuhkan adalah mental yang ada dan tetap bersemangat dan tahu diri. Kebanyakan siswa yang mundur ditengah perjalanan adalah orang yang sudah berjalan dengan tidak niat dan semangat sudah melemah. Kalau mental sudah diste untuk tetap menjalani semua pendidikan dengan tenang dan tetap bersemangat kekuatan jadi nomer dua dan bisa ditanggulangi.

Pendidikan dasar selalu membawa cerita yang menarik, seru dan menegangkan untuk diingat. Mulai dari cerita panitia, kenangan dalam menjalani kepanitiaan. Dari cerita siswa yang lucu, menjengkelkan, dan panitia yang aneh-aneh. Di Pendidikan Dasar kali ini menghasilkan anggota baru sejumlah siswa yang ikut saat pembukaan praktik besar lapangan, dengan kata lain di dalam praktik besar lapangan kali ini tidak ada siswa yang mundur ditengah perjalanan. Sampai di hari akhir jumlah tetap 22 orang, entah karena mereka sudah tahu kapan hari penutupan, secara dari pendidikan dasar sebelumnya tidak pernah memberi kapan akan berakhir dan kapan upacara penutupan akan dilaksanakan. Secara tidak langsung itu akan membuat efek “menunggu waktu” yang membuat semangat tetap terjaga.

Jumlah 22 orang adalah rekor terbanyak ke-2 setelah angkatan awal (Perintis) yang berjumlah 23 orang. Jumlah ini juga mengalahkan jumlah angkatan sebelumya. Dengan jumlah segini tentunya ada untung dan ruginya untuk kedepannya. Dengan jumlah yang besar tentu Astacala punya kesempatan besar untuk jadi lebih besar tapi hambatan terkada justru datang dari dalam dengan jumlah yang segitu besar akan mengakibatkan banyaknya perbedaan dan membawa konflik yang terkadang justru merugikan.

Terlepas dari itu semua yang jelas Astacala sekarang mempunyai jumlah anggota baru yang besar dan mempunyai semangat baru, dan siap untuk terus memperbaiki diri. Selamat bergabung dengan keluarga besar Astacala, semoga Astacala semakin besar ditangan-tangan kalian. Seperti yang sering kami ucapkan sebagai favourite quote “kami bukan pendiri candi, kami hanya pengangkat batu-batu, semoga angkatan yang lebih baik bangkit diatas kuburan kami” (Henriette Roland Holst)

Selamat bergabung dan menjadi keluarga besar! ASTACALA!

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Journey and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Lembah Purnama

  1. Embun Pagi says:

    Bung…
    Bukan hanya sekedar sikap mental untuk menjadi petualang yang hebat. Pendaki gunung yang tangguh. Climber, rafter, atau caver yang mumpuni.
    Tapi sekaligus bisa menjadi seorang yang memiliki kebanggaan. Untuk alam lingkungan dan negerinya. Yang memiliki pribadi kevolunteeran, keberanian, dan kejujuran untuk menjalani misteri kehidupan, petualangan abadi dan terbesar itu sendiri.

  2. adek says:

    set dah..
    yang diatas gw…ngomongnya udah berat..
    ga jadi comment ah..
    kekekeke…

  3. isackfarady says:

    Ngeri banget dah……. dewasa gitu ya???!!

  4. Герасим says:

    Спасибо автору.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s