Astacala Project


Rencana kami untuk segera memiliki sebuah perahu karet yang bisa digunakan untuk berkegiatan Arung Jeram dan kegiatan sosial lainnya akhirnya menemui titik terang. Ide dari senior yang bisa membantu untuk barengan ngumpulin dana untuk segera membeli sebuah perahu.

Barudak Survey

Buat aku mahasiswa yang gak jelas ini, mikir gimana caranya dapetin duit biar perahu dapat kebeli akhirnya bisa ikut membantau. Secara aku bergerak dibidang telekomunikasi jadinya ada tawaran kerja secara suka rela untuk mensurvey pekerjaan lapangan dari senior. Aku ama anak-anak sekre merespon dengan baik dan akhirnya kami jalan, demi sebuah perahu biar kalo mau ngarung kami gak perlu capek mikir soal duit buat nyewa perahu, dengan waktu yang terbatas. Insyaallah kalo kami udah punya perahu kami gak akan bingung mau ngisi liburan ngapain, masa naik gunung mulu, bosen… mending ngarung secara di Jawa Barat aja masih banyak sungai yang layak untuk diarungi…

Balik lagi gimana cara kami nyari duit itu semua bermula dari tawaran senior (baca: atasan :P) untuk diminta bantuan anak sekre untuk membantu mengerjakan pekerjaannya yang diorder ke kami mahasiswa yang lagi nganggur gak jelas. Pekerjaannya kalau disebut pake kata-kata sih keren, surveyor BTS tepatnya Engeener LOS Survey! hhmm… kedengerannya keren belum lagi kalo ngisi form laporan jabatannya TNP Planner ama RNP Planner, opo iki… Keren banget dah, mungkin kalo orang yang gak ngerti-ngerti banget ngedengernya serem banget, keren… waw.. padahal, tuh pekerjaan kuli banget. kerjanya yang cuam butuh sedikit pengetahuan navigasi darat alias bisa make GPS, bisa baca koordinat dan sedikit berani ketinggian.

Pekerjaan ini sih kalo kita nyebutnya nguli. atau tepatnya jadi kulinya para engeneer yang dikantoran sosno. Mereka yang ngerancang, kita yang nyurvey hehe.. tapi ya gak masalahlah, namanya juga mahasiswa yang belum lulus, dan pengetahuannya juga belum cukup untuk lebih dari itu hehehe….

Yang jelas kerjaan yang kita kerjain ini sedikit membutuhkan keberanian dan aku rasa pekerjaan ini hanya cocok buat orang yang tidak bisa diam, gak betah tahan lama di depan komputer, didalam ruangan ber-AC dan dengan segala kenyamananya. Pekerjaan ini hanya buatorang yang suka jalan-jalan, liat daerah baru mesti daerah yang didatengin itu kampung terpencil, desa, bukit-bukit dam gunung. Tapi penuh petualangan juga sih… Pekerjaan yang kita lakonin belakangan ini pekerjaan yang membutuhkan keberanian untuk melawan rasa takut di ketinggian karena udah pasti banget tuh kalo ikutan kerjaan kuli ini lo harus siap-siap untuk manjat tower yang tingginya bisa sampe 70 meter lebih. Sukur kalo dapet tower yang tingginya cuma 45an meter, atau untuk kalo dapet tower yang letaknya di atas bangunan. Yang jelas menurut aku pekerjaan ini menantang mesti kerjaannya gitu-gitu aja, gak terlalau banyak ilmu telekomunikasi yang kepake tapi itu udah cukup buat melampiaskan nafsu jalan-jalan dan nambah pengalaman kerja.

Kalo boleh jujur aku suka dengan pekerjaan ini, selain bisa jalan-jalan terus tiap hari, aku juga mbisa melihat daerah baru, datengin daerah yang gak aku duga-duga dan mungkin aku gak bakal kesana kalo gak ada kerjaan nguli kaya gini. Kadang sih serem juga soalnya pekerjaan ini minimal harus melakukan pemanjatan ditiap tower yang didatengin, minimal ketinggian diatas 50meter. Pendek sih, tapi serem juga coy, kalo ngeliat kebawah, kalo jatuh kepeleset aja wah kebayang badan tuh pecah berantakan kena tiang besi dan batu dibawah sono, tapi maikin tinggi tantangan dan ngerinya sebuah pekerjaan makin seru tantangan dan nikmatnya makin gilaaa…. hufff….

Dari semua pekerjaan yang aku jalanin semua pekerjaan ini dilakuin dengan sukarela dengan bayaran yang ala kadar secara bayaran untuk nguli ini dikumpulin buat nabung biar perahu karet bisa kebeli, horeee…. Alhamdulillah mungkin kami udah cukup menanbung untuk menanbung buat beli perahu lengkap dengan pelampung dan dayungnya sekalian. Dana ini semoga cepat turun biar mimpi buat dapat perahu gak kelamaan ngatung.

Jadi sebenernya sekali dayung 2-3 pulau tersebrangi.. sekalian dapet kerjaan buat ngisi waktu kosong kuliah yang gak jelas ngapain, mending ikutan gawean ini, selain bisa ngumpulin duit buat beli perahu yang kami idam-idamkan kami juga bisa jalan-jalan gratis dengan datengin daerah baru sambil jalan-jalan dan pula yang gak kalah penting kalo lagi ada kerjaan nguli kaya gini kami bisa sedikit berhemat biaya hidup secara untuk kebutuhan makan harian kan ada biaya operasional hehehe… dan juga yang gak kalah penting, sisi kerennya. Bisa keliatan gaya aja kalo lagi ngejalanin kerjaan ini bisa diliat orang, kayanya keren da hehehe… narsis deh gw. Lagi pula bisa buat banggain nyokap juga sih secara gw udah kuliah bertahun-tahun minimal ada kedengaran kesibukan lain selain kuliah, masa kuliah mulu gak lulus-lulus hwahaha…

Intinya sih, semoga aja, dana yang udah coba kita kejar bisa kekumpul dengan cepat dan perahu bisa kebeli dan ntar-ntar ada gawean lainnya lagi yang bisa buat ngumpulin dana buat beli mobil operasional Astacala biar kalo mau jalan-jalan gak usah ribet mikirin transportasi, angkot dan lain-lain hihihi… Mana tau kalo perahu tembus dengan cara yang kaya gini, ntar kami bisa ngumulin duit lagi buat beli Land Rover buat operasional sekretariat! amin…

VIVA ASTACALA!!!

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Journey and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Astacala Project

  1. isackfarady says:

    Sip naon??? hehe…
    lo ikutan juga dong ngasih job buat anak sekre buat beli operasional yang lain, mau nyumbang mobil kali?😛

  2. andiwirawan says:

    iye jor.. kerjaan apa gtu.. kan uda jadi bos…gwe butuh duid jg nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s