Melukis Hidup


“…
hari-hari seindah lukisan,
bagai pohon bertunas impian
jangan-janganlah kita lepaskan
buruk kenangan dalam lukisan
...” *

colour of life

Ada yang bilang hidup itu seperti diatas kanvas, seperti melukis. Ibaratnya saat ini kita sedang melukis kehidupan diatas kanvas. Berwarna atau hitam-putihnya hidup adalah pilihan menu dan model kehidupan yang akan dijalani. Sekian lama melukis terkadang ingin melihat hasil lukisan yang diinginkan. Setiap tahun berganti, menjelang tahun yang baru kita melihat lukisan hidup kita. Seberapa menariknya gambar yang telah ada. Sebanyak apa warna yang sudah kita torehkan.

Berwarna indah atau monoton pada satu warna saja, hanya kita sendiri yang tahu. Ada yang bilang ini karena resolusi. Resolusi adalah untuk gambar yang lebih tajam mungkin. Seperti pixel digital, akan semakin detil jika lebih banyak. Tegaskan resolusi masing-masing, pertajam warna-warna dasar, dan berikan sensitivitas tinggi terhadap perubahan warna. Sehingga gambar kita jadi lebih banyak mengenal warna. Bukan sekedar merah, hijau dan biru saja atau cukup mejikuhibiniu . Hidup harus lebih indah dari pelangi.

Menimpa gambar yang sudah ada juga menjadi pilihan untuk mengubah gambar yang sudah ada. Menutupinya dengan gambar yang baru, mengganti tema, judul dan aliran. Kalau kemarin mengambar dengan warna redup, maka dengan tahun baru ini berniat memperbanyak warna cerah. Resolusi biarkan saja, sebab yang kemarin belum terpakai. Banyak warna sudah tertoreh diatas kanvas. Karena tidak beraturan dan terlihat rumit maka warna itu menjadi terasa basi. Monoton dan terasa membosankan.

Dengan kuas yang baru dan tinta warna baru, sepertinya menggambar menjadi semakin menarik. Bubuhkan warna disetiap sudut yang berbeda dan biarkan imajinasi yang bicara. Luruskan saja tujuan, dan pilihlah aliran yang disukai dan lihatlah hasilnya setahun kemudian. Harusnya jadi lebih menarik dan penuh warna. Selamat baru 2011, bahagia semuanya🙂

Lirik suntingan dari : Gigi feat Musisi Jalanan – Ikan Laut

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Opinion. Bookmark the permalink.

One Response to Melukis Hidup

  1. Mimi says:

    Dengan kuas yang baru dan tinta warna baru siap mengawali tahun ini
    Happy New Year (^-‘)/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s