Newton Benar!


Kejadian buah apel jatuh yang dilihat Newton bisa jadi sebuah titik terang bagi dunia mekanika dan fisika dunia. Jauh di pertengahan abad ke-17, Newton merangkum semua analisa dan penelitiannya tentang benda bergerak sehingga menghasilkan 3 hukum tentang benda gerak yang sangat terkenal itu. Manusia disadarkan tentang pengaruh dari gravitasi, gesekan dan bermacam efek serta penjelasan tentang gerak benda baik statis maupun dinamis. Newton berhasil membuktikan dengan teori matematisnya. Keberhasilan hukumnya itu tidak hanya bisa untuk menjelaskan setiap kejadian gerak mekanis dalam dunia fisika saja tapi juga jika kita telaah lebih jauh bisa untuk aplikasi kehidupan sehari-hari. Aplikasi dari hukum tersebut ternyata tidak hanya bisa untuk menjelaskan fenomena alam saja, namun bisa juga untuk menjelaskan hal lain diluar bisang fisika. Dan kita punya cara lain untuk menamakan hukum itu yaitu sebagai hukum alam.

Tentu kita sebagai orang Indonesia pernah mendengar pepatah “siapa yang menabur angin dia yang menuai badai” saya rasa itu sesuai dengan hukum ketiga newton. Dari segi makna, apapun yang kita berikan kita akan mendapatkan balasan yang setimpal pula.  Saat kita berbuat baik kepada orang lain maka kita akan mendapat perlakuan baik pula dari orang lain, walaupun tidak secara langsung atau oleh orang yang sama.

Saya harus percaya tentang hukum alam ini, semua yang kita berikan akan berdampak kepada kita, apapun itu. Sekecil atau sebesar apapun hasil yang kita peroleh saat ini , itu semua adalah hasil usaha yang telah kita lakukan sebelumnya. Rasanya ini cukup untuk membuat kita untuk tidak saling iri terhadap keberhasilan ataupun kesuksesan orang lain. Karena dibalik semua yang orang lain dapatkan itu merupakan hasil dari kerja keras diwaktu yang sudah dilewatinya. Takkan ada hasil yang besar dengan usaha yang kecil. Dengan bijak kita juga seharusnya melakukan sebuah kebaikan bukan untuk mendapat balasan, karena sejatinya balasan yang baik akan datang dengan cara yang tidak kita duga dan mungkin tidak secara langsung dapat kita rasakan. Yang jelas apapun yang kita berikan, itu yang akan kita peroleh kemudian.

Sering saya berpikir bahwa ada seseorang yang -rasanya- begitu mudah dalam mendapatkan sesuatu hal yang dia inginkan, sementara ada sebagian orang harus ekstra keras untuk mendapatkannya. Jangan menganggap hukum alam itu tidak berlaku, yakinkan saja kalau sebenarnya dibalik kemudahan yang diperoleh itu akan ada tanggung jawab atau usaha yang juga akan sebesar hasil yang didapat dengan mudah tersebut. Bukankah hukum ketiga itu bisa dilihat dengan analisa vektor dengan arah yang berlawanan.

Hukum Newton ini bisa juga untuk menjelaskan kepada kita untuk tidak menyesali  -secara berlebihan- apa yang telah kita dapat dan kita raih saat ini. Sebab, semua yang telah kita dapat saat ini adalah hasil dari usaha kita diwaktu kemarin. Jangan juga kita terlalu mengandalkan doa tanpa usaha dan kegiatan lain selain usaha untuk memperoleh hasil yang lebih besar. Intinya berikan saja usaha sebaik mungkin, maka kita akan mendapat hasil yang sebaik dan sebesar usaha kita. Jadikan doa sebagai Variabel lain yang bisa dianggap diabaikan tapi berpengaruh. Jangan pernah berdoa untuk hasil terbaik jika tanpa usaha apapun. Jangan pula meratapi yang sudah ada karena itu adalah yang terbaik yang bisa kita dapat.

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Opinion. Bookmark the permalink.

2 Responses to Newton Benar!

  1. familuphz says:

    perasaan dah dari jaman jebot, tuh hukum dah dipake…telat kali kok abang nyadarnya…😛

  2. isackfarady says:

    Iya sih, kaya hukum “ada uang ada barang”😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s