Rumah Idaman


66530_1704957104186_4321654_n (1)

Pagi hari di Situ Lembang, 2005. Direkam dengan kamera analog SLR, cuci cetak film dan scan digital. (Dokumentasi pribadi)

Rumah idaman tidak perlu mewah dan megah. Setiap kita punya referensi yang berbeda. Halaman luas menghadap ke timur agar mentari menyapa hangat di pagi hari dan sinarnya masuk ke setiap sudut rumah. Kabut dan uap embun di dedaunan bergerak oleh sinar mentari. Dari jendela kecil saujana disambut dengan ujung rumput yang menunduk menahan beban embun yang menetes ke tanah. Rumah kecil dengan atap kayu penahan panas di bagian muka melindungi dari hujan ditemani teh hijau hangat. Saat hujan turun tanahnya harum mendamaikan. Tidak takut banjir karena ada danau besar dan sungai yang mengalir lancar, tidak takut longsor karena pohon besar melindungi.

Halaman belakang masih belantara dengan pohon besar dan ranting berserakan. Ada beberapa lorong dan jalan setapak masuk hutan untuk sekedar mengumpulkan ranting dan mengejar burung liar. Jika tidak tertutup kabut putih ada gundukan bukit dan gunung yang mengelilingi dari kejauhan terlihat kebun dan hijaunya hutan. Di ujung kiri kanan ada tetangga asli penduduk sekitar, berbicara bahasa setempat dan menggunakan baju adat tradisional. Mayoritas warga adalah bertani di ladang sayur di bukit yang berbaris. Tidak ada riuh kendaraan, polusi udara dan suara bising dari depan rumah. Suasana tenang seperti di Situ Lembang, tempat yang pernah saya datangi beberapa waktu silam adalah gambaran rumah idaman.

Jakarta, Oktober 2015

About isackfarady

drink water
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s